Selling Blue Elephants

24 05 2011

Membaca judulnya, saya jadi ingat salah satu buku karya Seth Godin “Purple Cow”. Kedua buku tersebut menggunakan perumpamaan berupa binatang yang mempunyai warna tidak lazim, gajah biru (blue elephant) dan sapi ungu (purple cow). Seth Godin menggunakan purple cow untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa. Sebuah produk yang mempunyai keunikan atau diferensiasi. Dalam buku “Selling Blue Elephants”, Howard Moskowitz dan Alex Gofman menggunakan gajah biru juga untuk menggambarkan sesuatu yang luar biasa. Sebuah produk idaman. Sebuah produk idaman, yang bahkan sebelumnya para pembeli atau pelanggannya pun tidak tahu bahwa mereka menginginkannya. Kondisi ini sebetulnya lazim dihadapi para pemasar atau yang bertanggung jawab dalam proses pengembangan produk (product development). Seringkali pasar tidak bisa mengungkapkan dengan jelas, bagaimana produk yang sebetulnya mereka inginkan.

Oleh karena itu, dalam buku ini diperkenalkan metode RDE atau Rules Developing Experiments. Sebuah proses uji coba yang sistematis, tertib dan berorientasi kepada pemecahan masalah. Kiat-kiat yang sistematis dalam merancang, menguji dan menyempurnakan berbagai pilihan gagasan, kemasan, produk dan layanan untuk bisa menghasilkan penawaran yang memukau pelanggan.

Tujuh langkah utamanya adalah:

  1. Renungkan masalah Anda dan kenali ciri dari kelompok sasaran yang membentuk penawaran
  2. Padu padankan berbagai elemen tersebut sesuai dengan rancangan uji coba khusus
  3. Menyajikan purwarupa kepada konsumen
  4. Analisa hasil
  5. Optimasi
  6. Identifikasi sikap alamih, segmen populasi yang memperlihatkan pola tingkat kegunaan yang serupa
  7. Terapkan panduan yang dihasilkan untuk menciptakan penawaran baru, dan seterusnya.

Beberapa contoh studi kasus marketing digunakan dalam menjelaskan proses tersebut, antara lain Hewlett Packard, Campbell’s, MasterCard dan Maxwell House. Beberapa contoh ini cukup membantu bagi kita untuk memahami konsep baru ini.

Menurut saya, kelebihan dari metode RDE (Rules Developing Experiments) ini adalah memecahkan masalah dalam perancangan penawaran dengan mengenali akar permasalahannya. Akar permasalahan inilah yang biasanya sulit untuk dikenali karena pelanggan pun mempunyai kesulitan untuk mengungkapkan keinginannya. Makanya sub judul yang digunakan pada buku ini adalah “7 Langkah Menciptakan Produk Idaman Sebelum Orang Menginginkannya”. Buku ini cocok untuk para pemasar, pengembang produk (product development) atau orang yang berkecimpung dalam dunia riset pemasaran.

Original By : http://resensi-buku.com/component/content/article/39-ekonomi-a-manajemen/83-selling-blue-elephants-moskowitz-a-gofman


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: