Manajemen

16 12 2009

Pengertian Manajemen

Menurut James A.F. Stoner

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengedalian usaha dari anggota organisasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Menurut Mary Parker Follet

Manajemen adalah suatu seni untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dan dibutuhkan keterampilan khusus.

Manajemen & Manajer

Manajer adalah setiap orang yang bertanggung jawab atas bawahan & sumber daya organisasi lainnya.

Tingkat Manajemen

1. Manajer lini

Memimpin & mengawasi tenaga operasional (Kepala, Pimpinan/Leader), mender(supervisor) agar berjalan dengan baik.

2. Menengah

Membawahi para menejer lain ( manajer departemen, kepala pengawas, kepala bagian, yang membawahi beberapa kepala saksi).

3. Manajer puncak

bertanggung jawab atas seluruh manajemen organisasi ( direktur, presiden, kepala divisi).

Fungsi utama manajemen :

1. Administratif

Penetapan Tujuan, perancanaan, penyusunan kepegawaian.

2. Operatif

Memotivasi, supervisi, komunikasi karyawan

Manajer Fungsional dan Umum

Fungsional

Bertanggung jawab hanya pada satu kegiatan organisasi

Umum

Mengatur, mengawasi & bertanggung jawab pada satuan kerja seluruh divisi organisasi.

Fungsi yang dilaksanakan oleh Manajer

Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang menjadi acuan seorang manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Menurut Henry Fayol adalah merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.

Ada beberapa pendapat lain :

1. Perencanaan (Planning)

a. Pemilihan dan penetapan tujuan-tujuan organisasi.

b. Penentuan strategi, kebijaksanaan, proyek, program, prosedur, metoda, sistem, anggaran & standar yang dilakukan untuk mencapai tujuan.

2. Pengorganisasian ( Organizing )

Penentuan sumber daya & kegiatan yang dibutuhkan, menyusun organisasi / kelompok kerja, penugasan wewenang, tanggung jawab & koordinasi.

3. Penyusunan Personalia ( Staffing )

Seleksi, latihan, pengembangan, penempatan & orientasi karyawan.

4. Pengarahan ( Leading )

Motivasi, komunikasi, kepemimpinan untuk mengarahkan karyawan mengerjakan sesuatu yang ditugaskan kepadanya.

5. Pengendalian ( Controlling )

Penetapan standar, pengukuran pelaksanaan, & pengambilan tindakan korektif

+ : untuk mengetahui tujuan sudah dicapai secara efektif & efisien.

  • : untuk menjamin bahwa kenyataan yang tidak diinginkan tdk terjadi atau terjadi lagi.

Kegiatan-Kegiatan Manajer

Tugas-Tugas Penting :

1. Bekerja dengan dan melalui orang lain

2. Memadukan dan menyeimbangkan tujuan-tujuan yang saling bertentangan & menetapkan prioritas – prioritas.

3. Bertanggung dan mempertanggung jawabkan

4. Harus berfikir secara, merinci, menganalisis, penyelesaian dengan layak dan akurat memandang & mengkaitkan tugas konseptual dengan satu dengan lain.

5. Seorang mediator ( penengah ) ada diantara orang-orang yang bertentangan

6. Seorang politisi ada hubungan baik dengan manager

7. Seorang diplomat sebagai wakil resmi dari kelompok kerjanya pada pertemuan-pertemuan organisasi ( kontraktor, langganan, pemerintah, personalia)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: