Penyebab dan Akibat dari Konflik dalam Organisasi

17 11 2009

Penyebab dan Akibat dari Konflik dalam Organisasi

Konflik adalah hal yang wajar dalam interaksi dan relasi antar anggota organisasi. Dahulu konflik di anggap sesuatu yang berdampak negatif terhadap organisasi, tetapi sekarang konflik merupakan kejadian yang wajar yang berdampak negatif atau positif tergantung dari bagaimana cara mengatasi dan mengelolanya.

Seorang pimpinan mempunyai kewajiban untuk memecahkan dan mengelola konflik yang terjadi, sehingga aspek-aspek yang membahayakan dapat dihindari dan ditekan seminim mungkin, dan aspek – aspek yang menguntungkan dapat dikembangkan sebaik mungkin.

Konflik yang terjadi dapat disebabkan hal-hal berikut :

A. Faktor Manusia

  1. Ditimbulkan dari seorang pimpinan atau atasan karena gaya dan cara kepemimpinanya.
  2. Personil yang mempertahankan peraturan secara kaku dan kurang fleksibel.
  3. Timbul karena ciri-ciri individual, seperti tempramental, egois, fanatik dan sikap otoriter.

B. Faktor Organisasi

  1. Persaingan penggunaan Sumber Daya

Apabila sumber daya berupa uang, material atau sarana lain terbatas, maka akan terjadi persaingan dalam menggunakannya.

  1. Perbedaan Tujuan dari Unit-unit

Setiap unit dalam organisasi mempunyai tugas dan tanggung jawab dibidangnya. Perbedaan sering mengacu terjadi konflik.

  1. Perbedaan Nilai dan Persepsi

suatu kelompok tertentu merasa diperlakukan tidak adil sehingga ia berpersepsi negatif. Para manajer muda beranggapan bahwa mereka diberikan tugas yang cukup berat, rutin dan rumit, sementara manajer tua diberikan tugas yang ringan-ringan saja.

  1. Hambatan Komunikasi

Komunikasi yang kurang baik akan menimbulakn konflik antar anggota. Untuk itu diperlukan komunikasi yang dapat dimengerti semua anggota.

Dampak Konflik

A. Dampak Negatif

1.Menghambat Komunikasi

2.Mengganggu keeratan hubungan

3.Menimbulkan perasaan tidak puas terhadap pekerjaan

4.Membuat invidu mengalami stress, depresi dan acuh

B. Dampak Positif

1.Membuat Organisasi lebih harmonis

2.Berusaha beradaptasi dengan lingkungan

3.Menghargai dan menerima perbedaan gagasan dan pendapat

Referensi :

http://rajapresentasi.com/2009/05/manajemen-konflik-cara-mengelola-konflik-secara-efektif/

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s




%d bloggers like this: