Bad sector harddisk

4 11 2009

Bad Sector pada Harddisk

Harddisk merupakan media penyimpanan data yang tersusun atas perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat tersebut bisa mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan pada harddisk ialah bad sector. Sudah pasti data yang ada pada sector yang rusak ini akan mengalami kerusakan pula.

Apa itu Bad sector?

Bad sector adalah sector pada komputer disk drive atau flash memory yang tidak dapat digunakan karena kerusakan permanen, seperti kerusakan fisik pada permukaan disk. Hal ini dapat dideteksi dengan menggunakan perangkat lunak utiliti disk seperti CHKDSK atau Scandisk.

Bad sector terjadi karena beberapa hal berikut :

  1. Tegangan listrik yang turun naik
  2. Terlalu sering di format

Harddisk modern menggunakan metode ECC ( Error Checking Correction ) guna membantu pendeteksian error. Pada kasus lain metode ini digunakan untuk memperbaiki error. Namun metode ini tidak dapat digunakan untuk error di bagian fisik harddisk. Metode ECC hanya mencegah penggunaan pada bagian yang error.

Ada beberapa sector yang tidak lulus oleh metode ECC ini disebabkan karena ketidak mampuan sector itu bekerja secara normal. Sector inilah yang dianggap sebagai bad sector. Sedangkan track pada harddisk yang mengalami bad sector disebut Bad track.

Sector yang rusak tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Sector yang rusak tidak bisa dipercaya dalam hal keutuhan data yang disimpan dan dibaca didalamnya. Oleh karena itu beberapa sistem operasi merasa perlu menandai bagian yang rusak ini. Bagian ini tidak aka digunakan oleh sistem operasi.

Referensi :

Tehnik Mengelola dan Menyelamatkan Data di Harddisk/ – Ed. I.- Yogyakarta : Andi ; Semarang: WAHANA KOMPUTER

http://en.wikipedia.org/wiki/Bad_sector

http://justdontcryalone.blogspot.com/2007/07/bad-sector-harddisk.html


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: